Minggu, 22 November 2009

MR : Analisis penelitian penjualan dan pasar

ANALISA PENELITIAN PENJUALAN DAN PASAR
Analisis
Tema yang dibahas dalam jurnal ini adalah Analisis penelitian dalam penjualan dan pasar. Topik ini sangat menarik karena bisa membantu Para peneliti pemasaran untuk memahami perilaku pasar baik untuk mengetahui aspek-aspek produsen maupun konsumen.

Motivasi atau Latarbelakang dalam jurnal tersebut adalah memberikan kerangka dasar bagaimana cara melakukan penelitian penjualan dan pasar. Aspek-aspek apa saja yang harus diperhatikan dan bagaimana dalam merumuskan kousioner dan pertanyaan penelitian.
Penjualan dan pasar sebagian mengghatikan dan bagaimana unakan data sekunder dan sebagian lagi menggunakan data primer dan pada umumnya merupakan data eksternal. Besar disamping anggapan bahwa informasi tenteng pasar dapat mereka peroleh tanpa suatu studi yang terorganisasi. Penelitian penjualan dan pasar sebagian salah satu kajian dalam penelitian pemasaran sering dilakukan perusahaan. Setiap perusahaan yang menyadari secara kelangsungan hidupnya tergantung dari penerimaan pasar terhadap produknnya akan member perhatian yang cukup besar pada penelitian pemasaran. Salah satu keengganan peneliti penjualan dan pasar memperhatikan penelitian pemasaran adalah anggapan bahwa kegiatan itu membutuhkan dana yang cukup bagaimana penelitian pemasaran lainnya pada umumnya menggunkakan instrument daftar pertanyaan.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat karakteristik penjualan dan Pasar yang membahas tentang metode pengumpulan data, cara analisi data, variable-variabel yang mempengaruhi dan implikasinya terhadap penjualan dan pasar. Tujuan tersebut diterjemahkan dalam bentuk penentuan metodologi dan tekhnis pengumpulan data penelitian. Data penelitian harus valid dan realible.

Metodologi dalam penelitian ini yang digunakan adalah metode pengumpulan data langsung keresponden atau data primer Bidang kajian penjualan dan pasar yang banyak diteliti dan diminati diantaranya pengukuran potensi pasar, analisa pangsa pasar, penentuan karakteristik pasar, analisa penjualan, pembentukan kuota penjualan dan teritori, studi saluran distribusi, tes pasar, audit toko, operasi panel konsumen, studi kompensasi penjualan, dan lain-lain. Potensi perusahaan merupakan bagian dari total permintaan industri. Data primer tersebut diolah berdasarkan kepentingan dan tujuan penelitian yang telah ditetapkan.
Proses pengukuran merupakan aspek fundemental pada setiap penelitian pemasaran tak terkecuali pada penelitian penjualan dan pasar. Bahkan pada sebagian proyek penelitian, kesalahan pengukuran lebih besar dibandingkan kesalahan sampling. Ada lima sumber umum kesalahan pada penelitian penjulan dan pasar :
1. Karakteristik jangka pendek responden yang faktor-faktor personal
2. Faktor situasional, yang merupakan variasi lingkungan pengukur.
3. Faktor pengumpulan data yaitu variasi dalam pembentukan daftar pertanyaan
4. Percobaan dalam studi saluran distribusi
5. Faktor analisa data

Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya berbagai kesulitan dalam mengukur variable pada penelitian penjualan dan pasar berhubungan dengan domain fenomena yang dipelajari. Misalnya tingkah laku, pendapat, sikap orang. Penelitian yang dimaksudkan untuk menarik suatu kesimpulan hanya dapat menggunakan persentil , median dan korelasi peringkat dalam analisa statistiknya. Validitas ini merupakan penilaian subjektif ahli akan kesesuaian pengukuran yang digunakan. Pengukuran adalah hal yang penting ada beberapa masalah yang muncul dalam penelitian penjualan dan pasar. Kesalahan yang disebabkan pengukur bias lebih besar disbanding kesalahan sampling.
Bidang kajian penjualan dan pasar yang banyak diteliti dan diminati diantaranya pengukuran pontensi pasar, analisa pangsa pasar, penentuan karateristik pasar, analisa penjualan, pembentukan kotler, Philip dan Gary Amstrong.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar