Rabu, 30 Desember 2009

MR : Analisis Pengaruh Perputaran Persediaan Terhadap Likuiditas Pada Perusahaan Barang Konsumsi Yang Terdaftar di BEI

ANALISIS PENGARUH PERPUTARAN PERSEDIAAN TERHADAP LIKUIDITAS PADA PERUSAHAAN BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BEI

Tema yang dibahas dalam jurnal adalah perputaran persediaan terhadap likuiditas pada perusahaan barang konsumsi yang terdaftar di BEI. Topic ini sangat menarik karna kelangsungan hidup perusahaan dipengaruhi oleh banyak hal antara lain likuiditas perusahaan itu sendiri.

Motivasi atau latar belakang dalam jurnal tersebut adalah memberikan karangka dasar bagaimana cara melakukan penelitian pengaruhnya terhadap perputaraan persediaan terhadap likuiditas pada perusahaan barang konsumsi. Aspek-aspek yang bisa dipakai untuk melihat kondis likuiditas suatau perusahaan antara lain dengan menggunakan rasio lancar. Rasio ini menunjukan sejauh mana aktiva lancar menutupi kewajiban-kewajiban lancar yang dimiliki perusahaan tersebut. Semakin besar perbandingan aktiva lancar dengan kewajiban lancar maka semakin tinggi kemampuan perusahaan menutupi kewajiban jangka pendeknya.

Tujuan dari penelitian ini adalah utamanya untuk memperoleh laba yang maksimal dan kelangsungan hidup perusahaan ( going concern )
Metodologi dalam penelitian menggunakan data sekunder yang berupa laporan keuangan yaitu laporan neraca perusahaan dan catatan atas laporan keuangan perusahaan barang konsumsi yang terdaftar di BEI dan Indonesian Capital Market Directory ( ICMD ). Tehnik ini mengumpulkan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan teknik dokumentasi yaitu pengumpulan data dengan cara pengumpulan,pencatatan dan pengcopyan laporan-laporan keuangan. Sumber data penelitian yaitu situs BEI yaitu http://www.idx.co.id/ dan Indonesian Capital Market Directory ( ICMD ). Penelitian menggunakan analisis regresi sederhana. Penggunaan analisis regresi sederhana harus bebas dari pengujian asumsi klasik. Untuk itu sebelum dilakukan analisis regresi sederhana harus dilakuakn pengujian asumsi klasik terlebih dahulu. Pengujian asumsi klasik dilakukan dengan menggunakan uji normalitas,uji heterokedastisitas dan uji autokorelasi. Analisis datadalam penelitian ini menggunkan analisis regresi linear sederhana. Analisis regresi dengan menggunakan sofwere SPSS 16.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan korelasi atau hubungan antara variable independen perputaran persediaan dengan variable dependen yaitu likuiditas yang diukur dengan rasio lancar adalah tidak kuat. Hal ini berarti perputaran persediaan tidak cukup mampu untuk dapat menjelaskan likuditas di suatu perusaahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar